Membongkar Sebab Perpecahan

Sunday, April 24, 2016

Membongkar Sebab Perpecahan

Sedih rasanya kalau membaca di media cetak maupun online yang sering mengangkat masalah ketidak harmonisan hubungan antar manusia. Baik itu konflik antar suami-istri, anak-orang tua, antar teman, antar suku, antar agama.

Dampak konflik itu beragam, dari perseteruan ringan, saling tuntut di pengadilan, bahkan saling bentrok fisik, tawuran, pembunuhan dan peperangan.

Padahal sudah jelas dalam Al Qur'an Allah telah memberitahukan :

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" ( QS. Al-Hujurat : 13)

Sebenarnya hal-hal tersebut bisa dicegah, jika kita bersungguh-sungguh menunaikan hak dan kewajiban sosial seperti yang diperintahkan Allah.

Ketika kita menjalin huhungan sosial karena taat pada Allah, melaksanakan perintahnya, tentu dasarnya adalah ikatan kepada Allah, takut jika lalai dalam menunaikan hak-hak orang lain.

Kedekatan hubungan yang terjalin tentunya membuka peluang untuk saling mendengar, menasihati, mencari solusi dalam setiap permasalahan dan mendatangkan kebahagiaan.

Siapa yang tidak bahagia ketika ada yang memperhatikan, menyayangi dan mengingatkan dengan cara yang baik?

Kalau semua kita kembali kepada fitrah kemanusiaan, mengikuti suara nurani, semoga dengan siapapun kita berhubungan akan membawa kebaikan.

0 comments:

Post a Comment